Selasa, 24 Juni 2014

JURUSAN ? Let's Talk About !




(ini latepost banget, yakali ada gunanya setelah ini)

Apalagi kalo bukan bingung mau kuliah atau bingung mau jurusan apa yang bikin pusing barbie.
Tahun sekarang pada teriak-teriak
"Pilih jurusan apa ya?"
"Kuliah dimana ya?"
"Ntar kerjanya mapan ngga sih? "
"Iiih gengsi banget milih jurusan itu!"
"Gue mau ini, orangtua mau itu, gimana dong?" 
"Itu jurusan kan lagi keren banget, ikut ah"
"Gue harus kuliah disana! Bodo amat mau jurusan apa dan semahal apa!"

O come on man !!! it has become stale topic
Tapi disini 
Gue mau cerita dikit gimana topik ini berhasil bikin berat badan gue malah nambah turun drastis tahun kemaren


Dulu sih pas SMP, gue pengen banget jadi dokter bedah. Suka aja liat perut orang di iris-iris trus ususnya dikeluarin, dipotong, dijait, masukin lagi, jait lagi ... sembuh
Malahan sampe bela-belain download video-video dokter yang lagi praktek bedah

Tapi belakangan, di SMA ngerasain yang namanya galau musiman sama kecocokan cita-cita dengan jurusan di perguruan tinggi nanti


Dan akhirnya pilihan gue saat itu adalah psikologi.
Menurut gue psikologi asik aja, karna ngga semua orang emang bener-bener bisa baca kejiwaan manusia, dan gue mau belajar disitu.

Gue lulus UN, selanjutnya SBMPTN 
Nah disini otak dan hati gue mulai ngga jodoh


Gue termasuk orang yang gampang percaya apalagi terpengaruh sama temen
Temen A bilang A, oke gue ikut
Temen B bilang B, oke gue setuju
Temen C bilang C, oke kayanya asik
Jadi bingung sendiri, dan akhirnya MENYESAL.
 " KENAPA DULU NGGA IKUTIN KATA HATI AJA SIH :"""( "


 Tapi tetep, keinginan sendiri, kelanjutan setelah itu, dan permintaan orang tua yang makin memaksa otak hati gue ngga jodoh dan ngga sinkron. Lalu terjadilah peperangan antara batin dan pemikiran yang menyesat kan pada .... halahhh

fokus fokus !!!

HAM emang bener-bener berjasa. Selagi HAM masih bercahaya, gue masih bisa bebas nentuin jurusan apa yang bakal gue pilih

Misalnya
Gue suka sejarah, gue bakal pinter dan tau seluk beluk dunia minimal bangsa gue sendiri dari sejarah. JIKA gue pilih jurusan sejarah

Musik bikin gue adem. Pengen punya waktu lebih buat cipok harmonika dengan setengah cangkir espresso, belajar gitar, dll. Ato bahkan gue mau fokus belajar opera, teater, atau blablablabla. GUE BISA PILIH jurusan sendratasik, atau yang berbau seni.

Gue mau pinter baca karakter, kejiwaan, bahkan solusi dari masalah-masalah manusia. Gue bisa aja PILIH PSIKOLOGI

Gue suka mengamati budaya-budaya pedalaman Indonesia, berinteraksi dan mengerti bahasa mereka yang bersahabat dengan alam. Gue bisa pilih Antropologi

Gue mau mendalami hobi, mau lebih jago dan profesional disitu. Gue pasti pilih Fotografi

Digital art sekarang lagi booming. Udah pinter gambar, fotografinya dapet lagi. Jika gue pilih Desain Komunikasi Visual.

Orangtua pengen nantinya gue bisa jadi PNS, kuliah dibayarin pemerintah, tamat kuliah lansung dapet kerja mapan. Itu jika gue di IPDN

GUE BISA PILIH SESUKA HATI. Tapi ........
Gue harus pinter-pinter milih jurusan. Gue bakal pilih jurusan yang ngedukung hobi, isi dompet orangtua, bakat minat, dan prospek bagus setelah kuliah.
Bingung ? iyahh gue juga bingung :|

Sedikit banyaknya gue ngerti sama kamu yang berkepala batu.
Setelah survey, gue cuma bisa kasih sedikit pencerahan gini ..........

"GUE NGGA NGERTI PASSION ITU APA, DAN BELUM NEMU PASSION GUE APA"
Come oon .. udah banyak banget yang bahas tentang passion. Inspirator-inspirator, atau bahkan acount-acount official di sosmed. Kamu nya aja yang MALES baca dan cari info. 
Gini de, apa yang bikin kamu seneng, betah, cepet, dan kamu jago buat ngelakuin hal itu ?? Udah ada jawabannya ?   
Nah, namakan itu passion kamu !

"PASSION GUE DI ... DAN AMBIL JURUSAN ... TAPI ORANGTUA NGGA SETUJU"
Buat kamu yang terbiasa patuh, nunduk, manggut-manggut sama orangtua, pertanyaan ini mungkin jadi masalah terberat yang bikin stress lahir batin.  Saran sih, dengerin dulu aja orangtua kamu bilang apa, selama permintaan orangtua masih wajar, kamu sangup dan mau, kenapa enggak ? Tapi kalo itu bertentangan dengan apa yang selama ini kamu pengen, kamu harus ambil tindakan. Seandainya kondisi ini ada di gue, gue bakal bilang ...
"Ma, Pa, aku bisa ini, aku suka ini, dan aku mau kuliah disini dengan jurusan ini. Aku mau aja ikut apa yang mama papa bilang. Tapi pilih mana nantinya aku kuliah dengan beban paksaan kemauan orangtua bukan keinginan aku sendiri ? Syukur kalo aku ini anak yang imannya kuat, kalo engga ? Mungkin aja disemester 3 mama papa kedatangan ambulance yang bawa mayat aku, mati bunuh diri gara-gara stres dan frustasi. ATAU aku kuliah dibidang yang aku bener-bener bisa dan aku suka, terus nantinya aku kerja penuh semangat dan akhirnya berkah. Pilih mana ?"
Gue ngga lagi ngajarin buat ngancem orangtua
Gapapa, toh yang kuliah kan kamu, bukan Bapak Ibu kamu ! Peran mereka cukup sebagai orang yang merestui dan penikmat kekayaan kita esok nya tapi tentu dengan cara dan jalan yang kita mau :)

"KALO PILIH INI, NTAR KERJANYA GIMANA ?"
Kamu ngapain kuliah kalo yang dipikirin cuma kerja abis kuliah, dan abis itu kaya ?
Cukup ambil magang atau kursus sesuai selera, udah ... kerja. Buat apa capek-capek kuliah dulu ?
Tapi, kalo kamu kuliah sesuai apa yang kamu mau dan bisa, buat cari nilai ilmu,besoknya bakal banyak kerjaan yang ngantri kok. Apalagi kalo kamu punya otak cerdas dan kreatif dijaman mesin gini, beuuuh 

"BODO AMAT JURUSAN APA, YANG PENTING UNIVERSITAS TERNAMA"


That's so worst mindset man !! (n)
Tapi yauda sih buat kamu yang lebih mentingin gengsi, ngga mikirin gimana keringat + energi + pikiran orangtua nyari uang buat anak kaya kamu. Sayang sama diri sendiri juga dong. Ngga malu apa sama temen-temen yang merdeka dikampus mereka yang sederhana dengan tujuan dan minat pastinya disukai ??? Dan ngga masalah banget kalo kamu emang punya unversitas impian, tapi ya diimbangin juga sama kemampuan ya :)))


Dan maaaaaaaaasih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan sejenis yang menggangu jalan masa depan kamu. Ya ngga sih ?


Okay ....
Gue mantan siswi SMA lulusan 2013. Artinya satu tahun ini gue dirumah doang usaha buat ngasilin karya kecil-kecilan diluar bangku perkuli-ahan. Blog ini salah satunya.
Pastinya satu tahun ini banyak banget pengalaman, pelajaran, pesan, hikmah yang dapet secara cuma-cuma
Yang intinya gue bersyukur kenapa tahun kemaren belum masuk kuliah.

Salah satu alasannya, simple!
"Gue ngga mau salah pilih jurusan"

Ini pedih !!

Kemaren itu, gue menghalalkan segala cara dan ikut tes apapun biar bisa keterima ditempat yang gue pengen. Setidaknya ada 27 kali tes dan 105 pendaftaran yang gue masukin (#BoongBanget), tapi hanya 1 atau 2 yang jebol dan itupun milih jurusan nya ngasal

Tapi Tuhan bales ke-egois-an gue itu. Setelah disidang sama keluarga dimeja petak, akhirnya gue mutusin buat ngga kuliah ditahun itu (2013)

Asli kalo dirumah gue anak yang super tertutup. Gue ngga pernah curhat sama kaka atau adek, apalagi orangtua sendiri. Gue diem, tapi kalo udah ngga tahan lagi, gue keluar kamar pukul meja makan, nangis, teriakin unek-unek panjang lebar, nunjuk-nunjuk jantung, ga lupa dramatisnya. Tapiii ... gue masuk kamar lagi. Begitu sadar kalo dimeja makan ngga ada siapa-siapa :|  #Pagi-pagi #PadaNgantor #PadaSekolah 
 Tapi kalo diluar, jangan harap gue mingkem :)))

Singkat cerita ...
Pertengahan Juni kemaren gue ikut UMPN di Politeknik Media Kreatif di Jagakarsa, pilih jurusan multimedia dan penerbitan.
Kalo boleh milih, gue pengeeeen banget kuliah Univ. Multimedia Nusantara, tapi it's not according to my parents wealth :')
Pas ujian kemaren ada satu hal yang bikin gue lemas tak berdaya, shock, caki peyut ampe dada disertai mual dan muntah-muntah. Halah
Ujian yang gue tunggu-tunggu, tes skolastik ternyata dibatalin. Gue takut kalo nilai ujian di materi dasar ngga cukup untuk standar nilai lulus

Gue terpuruk, terjatuh, tersesat dan tak tau arah jal ... ah #ApaIni

 
Tapii ... Alhamdulillah anak mamah akhirnya lulus di prodi penerbitan :')
Gapapa, yang penting itu pilihan gue, asal seneng disana dan gue suka.

Oiya, di Polimedia ini ternyata masih ada gelombang kedua nya. Kalo mau daftar, kamu bisa cek disini
Atau buat yang belum berhasil di SBMPTN, tenang aja masih banyak jalur lain kok. Asal kamu rajin cari info dan buka internet aja sik #CiePengalaman 

Jadi kesimpulannya ..................................
Kalo kamu masih ragu, galau, pusing, atau apalah itu
Bawa tenang dulu, mikirin bakal jadi proses masa depan itu ngga gampang. Ngga kaya nebak-nebak hari ini ujan apa engga
Gue aja butuh satu tahun buat tau apa yang gue bisa dan pengen selama ini.
Dan bukannya gue ngehasut buat ngga mikirin kerjaan. Tapi itu bukan tugas awal kamu. Benerin kuliah dulu, fokus dan kreatif dibidang kamu, percaya deh kerjaan yang bakal datang sendiri ke ahlinya kaya kamu #SoBijak.
Jangan gegabah nentuin pilihan, jangan ngikutin egois mulu.
Bicarakan baik-baik sama orang yang kontra dengan pilihan mu
Inget !!! Jangan asal jurusan !!! Jangan asal kuli-ah !!! Jangan plin-plan !!!
Sayang energi, sayang umur, sayang orangtua, dan sayang pacar orang berdoa sama Tuhan  !!


 Jadi masih bingung sama jurusan buat kuliah ? coba konsul ke RSJ

Smaaaiiilll babe :*

 

8 komentar:

  1. dokter bedah, gw sama sekali ga pernah kepikiran buat kerja di bidang ini. sekarang agak susah mo kerja yang sesuai sm passion.
    Jujur aja kerjaan gw sekarang di bidang telko jauh bgt sama kuliah gw dulu di kompuer, yang penting bisa menghasilkan lah, ntar juga passion datang karena terbiasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dokter bedah :)))
      lain cerita kalo kerjaan sekarang bda jauh sama bidang kuliah nya, itu udah Dia yang ngatur
      bener, passion jangan dicari tapi tunggu sampe tau plus sabar

      Hapus
  2. Oke jadi harus pikirin mau masuk jurusan mana hahaha, pengalaman banget dulu gue pas smp pengen masuk SMK tapi setelah di SMK malah sedikit nyesel gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lah dipikirin, smp mah biasa, pikiran masih labil, masih ikut - ikut temen atau harus patuh sama pilhan orangtua :)))

      Hapus
  3. Oke jadi harus pikirin mau masuk jurusan mana hahaha, pengalaman banget dulu gue pas smp pengen masuk SMK tapi setelah di SMK malah sedikit nyesel gitu :D

    BalasHapus
  4. Mama, aku juga galau. Mau masuk IPA atau IPS. :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokonya jangan mikirin gengsian dulu
      beneran, semua sama aja ko
      masuk dijurusan yang lo mampu dan lo seneng disana
      jangan ikut - ikutan deeh

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Monggo di comment, kritik pedes juga ga masalah. Tapi yang lulus sensor yess :))